Jumat, 14 Februari 2020

Hati-hati.terhadap modus penipuan struk transfer palsu


Tadi pagi jam 10:an saya ada kesepakatan transaksi dengan pihak lain, saya sebagai penjual dia sebagai pembeli, singkat cerita terjadi deal dealan dengan harga 5jt, dia akan segera transfer dengan nominal tsb, benar saja jam 13:20 dia kirim pesan lewat wa katanya sudah lakukan transfer 5jt lengkap dia kirimkan struk bukti transfer seperti gambar  diatas, dengan  senyum2 sedikit kegirangan saya buka isi  nya wow lumayan hari gini ada transferan 5jt, sebentar lagi pasti ada pemberitahuan sms dari sebuah Bank, "rekening anda bertambah 5jt " tunggu punya tunggu sms pemberitahuan tak kunjung ada, saya masih berfikir ach paling pemberitahuannya telat, ato pulsa hp tak mencukupi tuk layanan notifikasi saya cek pulsa masih ada walau seperti biasa saldo emang nggak pernah tebal😄, karena kebetulan tiba waktu tuk jemput anak sekolah, akhirnyan turun gununglah saya ke kota, pakai mobil lusuh meluncurlah saya ke kota.

dibalik kemudi kagak munafik masih berharap duit 5jt bener2 hinggap, terlihat gurat senyum simpul dari sang supir membayangkan segepok duit baru, dengan bau khasnya sebentar lagi ada dlm gengaman, begitu sampai di pelataran ATM, hujan deras mengguyur kagak digubris blus aja saya masuk ATM oalah ana ana bae mesine rusak ' tuman yakin kiye atm maning2 rusaklah, ( oalah ada-ada saja mesin ATMnya rusak, tuman rusak lagi rusak lagi ),  akhirnya saya cari gerai atm lain, di perjalanan si pembeli telpon, sepertinya nadanya cemas terdengar suara dari sebrang sana " halo pak, begini pak saya barusan dpt telpon dari putri saya katanya dia butuh duit, posisinya lagi di bandara, katanya mau beli tiket dan sebentar lagi pesawatnya terbang, tapi buat beli tiket kurang, saya minta uang yg tadi saya transfer 5 jt, 2 jutanya tolong di transfer balik ke rekenig tertera, wajah saya dibalik kemudi yg tadinya sumringah langsung cemberut, nekuk kayak jeruk purut, ha.a....ha wis nggenah kiye modus ( sudah jelas ini modus ), dari Dukuh waluh ke SPBU berkoh tak kurang dari 3 kali telpon, satu sempet diangkat tentu biar safety mobil berhenti minggir dulu, kata dia Pak Gimana dah transfer 2jtnya besok senin saya transfer lg 2jtnya biar genap lg 5jt pembayaran saya, pak jemput anaknya emang jauh, koq dari tadi masih dijalan saja, jawab saya jauh pak, santai aja kenapa sich, sampai gerai ATM saya lansung cek saldo eng ing eng, saldone masih tipis, ibarat jarum bensin di speedo meter nyender  di tanda merah, hmmm.mm kemana 5jutanya?, kurangajar ane mau dikadalain, lalu saya amati bukti struk yg dikirim si penipu lewat wa, hmmm. tampaknya ada kejanggalan nch, sejak kapan nama pentransfer diawali kata Bpk, sopan bener penerbit struk atm nya, kemudian dari sisi tulisannya kentara sekali hasil ketikan komputer dengan tatanan huruf nggak lazim tulisan struk ATM keluaran Bank, lagi galau begitu si penipu telpon lagi " aduh gimana pak dah transfer belum? anak saya dah kebingungan di bandara, jawab saya " bodo amat urusen dewek anakmu " ( urus sendiri anak kamu ), sama saya jg lagi urus jemput anak saya, gara-gara urusan tipu-tpu  ini jadi telat, kata dia emang jauh jemputnya pak, koq nggak nyampai2 dari tadi, jawab saya jauh saking jauhnya saya jemput dari baturraden ke Dukuhwaluh tadi naik pesawat, kebablasan sampe tunggul wulung Cilacap ( sengaja jarak dan waktu saya skenariokan di bikin juauuuuuh dan  luaaaama padahal jarak sebenarnya cuma 12km, waktu tempuhpun paling 25menit ),  terus jadi transfer nggak pak, transfer gundulmu saldone tinggal satus ewu nganggo transferan duitmu bae sing mau 5jt nyangkut kali tuch duit di pohon kelapa, dasar penipu.

Cara kerja mereka itu berkomplot, membentuk sebuah jaringan, khususnya menyasar orang-orang yang memasang iklan jual beli barang  ataupun jual beli ataupun sewa menyewa rumah yang dipasang di facebook, satu atau dua orang bertugas mencari mangsa atas iklan yang ada, dengan berpura pura berminat atas apa yang ditawarkan, sambil berupaya mendapatkan kontak si pemasang iklan, kemudian.setelah dapat data kontak terduga penipu akan melemparkan ke eksekutor denga  berpura pura dirinya sebagai anak ataupun sebagai istri dari si eksekutor, kemudian si eksekutor akan menghubungi, si pemasang iklan dan menyatakan bahwa anak atau istrinya berminat sekali terhadap barang yang ditawarkan, dan bersedia segera transfer, oh ya suaranya dan cara bicaranya dibuat sedemikian rupa terasa bijaksana dan sopan.sekali, bagi yang menerima telponnya seperti mengandung daya hipnotis, photo profil yang mereka gunakanpun dibuat begitu religius, demi melihatnya akan tidak menyangka bahwa mereka adalah aktor aktor jaringan penipuan.

Waspadalah modus penipuan, pemalsuan sudah merambah hampir kesemua lini kehi
dupan negeri 062, watak angkara merajalela, buta akan benar salah, buta akan baik buruk,  naudzubillah hi mindzalik.

Tidak ada komentar: