Senin, 08 Februari 2010

EDIT / KOMBINASI FILM PADA MOVIE MAKER

Oleh : Tri Wahyudi


Digital video editing, suatu kegiatan yang dulunya kita beranggapan hanya bisa dilakukan oleh orang-orang tertentu saja, terutama orang-orang yang terlibat dalam pembuatan film di studio ataupun di sebuah production house, tapi dengan perkembangan tekhnologi dewasa ini memungkinkan semua orang dapat membuat rekaman / editing film cukup di rumah saja, cukup bermodalkan PC, dengan spesifikasi tertentu, ditambah film ataupun gambar hasil jepretan HP anda, dengan memanfaatkan fasilitas window, dengan aplikasi Window movie maker, yang telah tersedia didalam progran window XP anda bisa berkreasi, mengolah gambar statis menjadi sebuah video yang menarik, untuk kelas pemula kaya gue aplikasi ini lumayan bagus hasil olahannya, tentunya tergantung dari kreatifitas kita membuatnya dan memanfaatkan menu-menu yang ada diaplikasi ini.
Berikut adalah tip melakukan editing video dengan Window Movie maker :



1.Sebelum kita melakukan editing, sudah barang tentu kita mesti memiliki file video atau gambar yang akan diedit, untuk pengguna handycam anda bisa langsung transfer menggunakan kabel firewirw, USB atau kabel S-Video yang dibawa handycam dan untuk anda yang mengambil video dengan HP atau yang lainnya juga dapat melakukan dengan cara serupa, gunakan menu Capture From Video Device di aplikasi movie maker untuk menyalin video dari handycam, HP atau camera, pastikan kabel handycam sudah terhubung ke PC anda.
2. Jalankan aplikasi movie maker dikomputer anda, jika video atau gambar yang akan kita edit sudah berada didalam komputer maka hal yang harus dilakukan yaitu dengan mengklik import video, import picture ataupun musik di aplikasi movie maker tentukan file yang akan kita import.
3. Setelah semua video, picture ataupun musik sudah masuk dalam daftar collection maka proses selanjutnya adalah melakukan editing, letakan video yang anda inginkan (drag) kedalam storyboard kita bisa memasukan satu persatu ataupun sekaligus, jika semua pilih tombol CTRL +A lalu drag ke lokasi storyboard.
4.Jika ingin menambahkan efek tertentu pada video anda pilih VIEW VIDEO EFFECT, maka akan muncul beberapa efek yang siap pakai, pilih salah satu dari efek lalu letakan pada bagian video yang diinginkan, yang ada di storyboard tadi, untuk melihat hasilnya pilih video yang sudah diberi efek tadi lalu mainkan.
5.Jika ingin menambahkan animasi perpindahan antara video (transisi), pilih VIEW VIDEO TRANSISION, maka akan muncul beberapa transisi yang siap pakai, pilih salah satu transisi lalu letakan pada bagian video yang diinginkan yang ada di storyboad tadi, untuk melihat efeknya pilih video yang sudah diberi transisi lalu mainkan.
6.Jika ingin menambahkan teks atau pesan pilih MAKES TITLES OR CREDIT, maka akan muncul beberapa pilihan, pilih salahsatu lalu masukan tulisan yang anda ingin tambahkan kedalam video tersebut, jika ungun menambahkan animasi pada tulisan tadi klik tombol CHANGE THE TITTLE ANIMATION, pilih salah satu animasi yang diinginkan, jika ingin mengganti bentuk atau warna huruf klik menu CHANGE THE TEXT FONT OR COLOR, Jika sudah puas dengan tulisan yang diinginkan pilih DONE, ADD TITLE TO MOVIE.
7.Video yang telah diedit tinggal disimpan didalam komputer dengan menekan SAVE TO MY COMPUTER, atau menyimpannya kedalam CD, dengan menekan SAVE TO CD, atau mengirimnya dengan email tekan SEND IN EMAIL, atau mengirimnya ke situs/web anda, tekan SEND TO THE WEB, untuk mengetahui hasilnya kami sarankan menyimpannya didalam komputer anda, video yang sudah diedit siap dimainkan.
Pilih save movie, akan muncul save movie wizard – pilih my computer – klik next – buat nama file videonya dan folder tempat menyimpannya – klik next kemudian pilih Best Quality for playback on my computer (recomended) – klik next, proses penyimpanan berlangsung tunggu hingga selesai, klik finnish, file video akan tersimpan dengan format .wmv agar bisa diputar di VCD atau DVD player kita harus merubah formatnya menjadi .mpg atau lainnya, sofware yang digunakan total video conventer atau winffmpeg
Catatan :
Hasil video dari HP biasanya formatnya menggunakan 3gp, format ini tidak bisa langsung diedit di Movie maker tapi harus di konversi dulu ke mpeg, avi,wmv baru bisa diedit, penulis menggunakan aplikasi TOTAL VIDEO CONVENTER, anda bisa mendownload aplikasi ini di internet pilih yang FREE.
Menggunakan sofware ini sangat mudah anda tinggal browser file yang akan di convert kemudian pilih jenis file hasil convert apakah mpeg, mp4, swf, swf atau yang lainnya.
Transfer file video ke cd bisa menggunakan sofware Nero, pilih opsi make data cd selanjutnya ikuti petunjuknya kalau selesai CD akan keluar sendiri, kalau engga klik file video tadi – copy – paste ditempat CD lalu klik kanan pilih write these file in CD.
- Untuk menunjang pembuatan editing video dengan Movie maker setidaknya PC anda memiliki; RAM minimal 512 MB, Hardisk masih memliki space kosong minimal 20 GB, biar lebih optimal dianjurkan menggunakan VGA card eksternal, saat membuat video dengan window movie maker, sebaiknya tutup aplikasi lain.
Dah selamat berkreasi ....

Tidak ada komentar: