Selasa, 23 Mei 2017

UNEK-UNEK PEDAGANG

Sepertinya kejadian seperti dibawah ini, biasa dialami sebagian besar pedagang, bisa dikatakan itulah irama atau bumbu-bumbu yang patut dicermati, diwaspadai pada akhinya suka atau tidak suka harus dicegah atau diminimalisir, kalau tidak kasus piutang atau bon-bon penjualan yang macet bisa jadi momok yang sangat berpotensi memacetkan roda perputaran dalam bisnis dagang.

Pedagang : Ya, setelah dihitung total blanjaan Bapak Rp.....

Pembeli 1 : Waduh duitnya cuma segini, kurang dech, ya dah barang boleh saya bawa dulu ya, nanti bayarnya sebentar saya  kesini lagi swear tak kewer-kewer

Pedagang: Ya dah gapapa bawa dulu aja nanti kesini lagi inih, makasih.

Pedagang : Monggo Pak ada lagi yang perlu dibeli, kalo tidak saya hitung, tek.. tek. tek ini Bapak totalnya sambil nyodorin total angka yang tertera kalkulator.

Pembeli 2 : Srek.. srek.. srek si Bapak menghitung uang ditangan yach masihh kurang sekian pak, oh ya tenang nanti kurangannya adik saya yang nganterin.

Pedagang : Ya dach ga papa bawa aja barangnya. 


Pembeli 3 : Sama kejadiannya kayak yg diatas, cuma beda alasan" aduh duitnya kurang, tenang pak kenal inih sama saya, rumahnya juga tahu khan, ono-noch yang rumahnya dekat pengkolan, masa ga percaya sich.... 


Pedagang : Ya dach ga papa tapi tolong jaga kepercayaannya yach.


Pembeli 4 : Anu Pak, saya mau ambil barang dulu tapi duitnya kurang, ga papa ya he. he ( sambil unjuk gaya sok akrab ), nanti bayarnya kalo lemari bikinan saya dah laku.


Pedagang : Oh gitu yach, moga lemarinya cepet laku, jadi bisa cepet bayar, maklum Pak saya jg buat bayar sales, kalo ke sales pembayaran ga bisa diundur, mereka ada jadwal nagihnya, kalo ga dibayar ya... saya ga dikasih barang, dah 2 tahunan lebih, ketika ditagih, tetep aja hasilnya"zonk" padahal lemarinya dah laku.


Pembeli 5: Masih juga ada yang kurang duitnya, anu pak saya sering lewat inih kemari, lagian udah tahu juga rumah saya.


Pedagang : Maaf pak Bapak udah, entah orang yang keberapa, sampai lupa saya hitungannya, tapi berkali-kali  saya dikecewakan


Pembeli : Yach Bapak jangan samakan saya dengan yang lain, sayamah orangnya bla...bla...bla  nyerocos menggambarkan kebaikan dirinya, pokoknya malu dah kalau sampai saya nggak bayar !


Pedagang : Saya juga penginnya begitu, percaya ama orang tapi sebaliknya orang tersebut juga bisa menepati janjinya, ya udah saya kasih dech
hari berganti hari, minggu berganti bulan tetep aja yang bersangkutan alhamdulillah kagak bayar.juga 😒😒

Dari 5 pembeli tadi punya 5 perbedaan alasan, tapi dahsyatnya mereka kompak punya satu persamaan SAMA SAMA NGGA BAYAR KURANGANNYA

Entah kebetulan atau enggak, pas saya ngabuburit ( Jalan-jalan sore nunggu waktu buka di bulan puasa ), melintaslah saya didepan sebuah toko, dimana didepannya terpasang sebuah spanduk besar bertuliskan :

" Hiroshima dan Nagasaki hancur karena BOM"

" Usaha warung bisa gulung tikar karena BON "


Buat pedagang menghutangi pembeli sebetulnya bukan perkara yang terlarang, pedagangpun senang bisa melayani lebih terhadap pembeli dengan menolong dia mendapatkan barang yang saat itu pasti sedang ia butuhkan, apalagi jika orang yang hutang  tersebut bisa menepati janjinya.

Celakanya adalah ketika pedagang tersebut sudah memberikan kelonggaran dan melayani pembelian,  dengan cara hutang, tidak hanya pada lima, sepuluh  bahkan lebih dari duapuluh orang, sampai-sampai nota bonnya menumpuk, tampak  lusuh dan usang, si penghutang tersebut malah terkesan menghindari kita, ketika ditagih malah marah dan ngomel, begitu dia butuh barang material, malah lari ketempat lain

Disinilah kesabaran, ketabahan dan strategi pedagang benar-benar diuji 

Wasta'inu bisshabri wassholat wa innaha lakabirotun illa 'alal khasyiin

" Jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu,dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khuyu" (QS Albaqarah : 45 )

Tidak ada komentar: