Senin, 06 Desember 2010

TOUR KE CIATER PLUS MENIKMATI BELANJA FASHION AND SANTAP KULINER KHAS BANDUNG.

Hari sabtu tanggal 26 Februari kami dari Teamloe ( team logistic ) punya gawe besar yakni melaksanankan tradisi tahunan berupa acara kebersamaan, buat menyegarkan kembali gairah kerja, memupuk kebersamaan, menyatukan langkah dan yang special adalah untuk ngilangin stress dan mencairkan kejenuhan kerja ( maklum gan pekerja pabrik, suasananya kadang ga nentu alias acak kadut ).

Satu minggu sebelumnya di mading sudah tertempel pengumuman tentang rencana keberangkatan dan tujuan tour kita “ LOGISTIC TOUR LAGI, CIATER PLUS BANDUNG JADI TUJUAN KITA BERANGKAT GASIK JAM ENAM PAGI TENG!!! BERANGKAT, DATANG TERLAMBAT TINGGAL …”
Saat hari H tiba, tetap aja jam rumus jam karet berlaku, termasuk aku yang terlambat 20 menit soalnya biasa, malamnya begadang badminton sampai jam sebelas, dilanjut kongkow2 malam ampe jam satu dinihari, begitu nyampai pabrik, satu bis 3/4 , full AC sudah nongkrong nungguin calon penumpang, salut juga buat kawan-kawan yang sudah terlebih dulu ngejogrog dari pagi buta, basa- basi ane minta maaf, “ sory broe ane telat, bangunnya kebablasan sudah dari tadi?” pake muka masam temanku menyahut “ dari tadi kaleee…. Ayam jago pertama kukuruyuk kita dach pada disini”, glk..glk ane yang merasa salah diam aja ga berani nimpali, parahnya rupanya ada 3 teman lagi yang mesti ditungguin, aturan di pengumuman tetap aja ga di jalanin telat hampir satu jam koq ngga ditinggal, hmm.m apa benar kata banyak orang yang bilang begini “ Aturan itu dibuat khan untuk dilanggar” ho..ho…ho celaka kalau dalam kehidupan sehari-hari rumus sesat ini terus di berlakukan.

Jam 07:20 bis pun diberangkatkan, setelah sebelumya kita jampi-jampi bareng memohon perjalanan kita diberikan keselamatan dan keberkahan, suara music dari TV/VCD menghentak, dari dangdut koplo sampai penampilan band-band tenar kami lahap tak ketinggalan nyanyi bareng di bis diiringi gitar, nada-nada sember dan merdu menyatu, tol tangerang-Jakarta lancer, lanjut tol dalam kota juga rame lancar, waktu di tol cikampek sempat jalannya tersendat, roman-romanya ada kecelakaan sebuah bis terjungkal sampai rodanya ada diatas, untuk membuat suasana lebih ceria, tak lupa sepanjang perjalanan setiap 30 menit diadakan kuis “ tombo ngantuk” disitu panitia melontarkan pertanyaan-pertanyaan konyol / lucu untuk jadi rebutan yang bisa jawab dengan tepat langsung dapat hadiah , beberapa pertanyaan itu misalnya :

“ Apa yang kalo dilihat itu bentuknya kotak tapi kalo didekati / diraba berubah bulat?”

Wadow jawabanya pada nglantur kemana-mana, yang jelas jawabanya adalah:

Gambar lambang osis di dada siswi SMA, kalo dilihat khan kotak, kalo berani megang apalagi diraba pasti bulat khan, plus dijamin anda akan dapat hadiah gaplok dari itu cewe.

“ Apa bedanya ban mobil ama kondom “

Jawab: kalo ban mobil bocor itu mengakibatkan kempes, sedang kalo kondom bocor menimbulkan pengelembungan, kesamaanya adalah dua-duanya berpotensi kecelakaan ban bocor bisa tergelincir, kondom bocor bisa menimbulkan kehamilan di luar nikah ( Naudzubillah hi mindzalika ) hati-hati terutama buat ante-ente peserta tour yang masih bujang.

Nampaknya bis terus melaju dengan tak begitu kencang, karakter sopirnya slow man ( alon-alon asal gutul (nyampe)), memasuki subang suasana hijau dan teduh mulai terasa, ini supir rupanya nggak hapal, di kota subang kita sempat muter-muter nyasar, memasuki wilayah ciater pemandangan makin bikin takjub, suasana alamnya mirip di puncak, kebun teh, kebun nanas, bukit-bukit berdiri cantik di kanan dan kiri, hutan karet dengan pohon-pohonya yang berjejer rapi pokoke mantap surantap.

Sampai di wisata ciater sekitar jam 11:15, bayar tiket bis 20 rb, perut yang sudah pada keroncongan susah diajak kompromi, makanya acara pertama adalah pesan makan siang di sebuah restoran, lanjut masuk lokasi wisata bayar tiket masuk 14 rb perorang, pertama masuk kita disambut oleh 4 orang yang bertopeng dan berpakaian Punakawan ini tokoh idola gue banget; ( Semar, dawala, gareng , Petruk ) yang mempersilahkan kami menikmati suasana wisata, saat tiba di kolam yang berisi berbagai ikan yang berukuran cukup besar kami berhenti, nach disitu keluar tuch ide tuk dibikin lomba nangkap ikan pasti seru, benar saja peserta dengan antusias bahkan di bela-belain basah-basahan buat rebutan siapa yang pertama bisa nangkap ikan, ntu yang berhak dapat hadiah butuh waktu 25 mnt untuk mendapatkan pemenang.

Perjalanan dilanjutkan dengan memasuki kawasan lebih dalam, sungai atau selokan-selokan kecil keluar dari pucuk-pucuk bukit, meliuk disamping kami dengan airnya yang hangat dan mengeluarkan asap, beberapa peserta dan pengunjung asyik merendam kaki atau sengaja membasahi badannya dengan berdiri di bawah pancuran air hangat, hmm rasanya enak banget kaki kayak di pijat refleksi.

setelah mendapatkan tempat yang strategis buat ngumpul kamipun menyewa tikar untuk lesehan, acara dilanjutkan dengan ungkapan informasi yang berkaitan dengan logisik dan perkiraan rencana produksi untuk penjualan lokal dan eksport bulan-bulan kedepan, dari informasi bagian PPIC angin segar nampaknya masih berhembus menerpa perusahaan yach nilai order terutama untuk export masih tinggi, berikutnya pembawa acara mendaulat saya untuk berbicara mengenai aktifitas serikat pekerja;
saya yang kebetulan jadi salah satu pengurusnya akhirnya menjelaskan sbb:

Kawan- kawan sekalian, sebelum saya membicarakan lebih lanjut tentang aktifitas SPSI, ada baiknya kita beri aplaus yang meriah terhadap dua orang kawan kita di departemen logistic dimana empat hari yang lalu keduanya telah berubah status dari karyawan kontrak menjadi karyawan tetap, dimana kita sama-sama tahu dewasa ini mayoritas perusahaan di negeri ini begitu sulit atau tidak mau mengangkat karyawan tetap, karena dengan dalih prinsip ekonomi dan senjata efisien, mereka lebih suka menerapkan sistem kerja kontrak bahkan outsorching ( menggunakan jasa yayasan).

Kawan sekalian, memasuki bulan Januari, Februari biasanya yang paling hangat dibicarakan adalah masalah kenaikan gaji, hingga saat ini kita sudah mengajukan usulan gaji dan ajakan untuk berunding untuk membahas masalah ini sampai 2 kali bahkan besok senin kita ajukan yang ketiga kalinya, tapi hingga detik ini kita belum mendapatkan tanggapan dari manajemen padahal aturan ketenagakerjaan mengisyaratkan jika serikat pekerja sudah melakukan ajakan berunding sampai 2 X atau 2 kali 14 H dari ajakan berunding maka serikat pekerja yang bersangkutan berhak menyatakan tidak ada kesepakatan dalam perundingan bahkan bisa berlanjut dengan mengadakan aksi mogok kerja, kita sudah punya itikad baik untuk diadakan perundingan, karena kita tidak ingin terus menerus manajemen memutuskan nilai kenaikan gaji hanya berdasarkan keputusan manajemen, pdahal jelas-jelas Undang-Undang dan Kepmenaker menyatakan bahwasanya penentuan skala/ kenaikan upah bagi pekerja tetap yang telah bekerja lebih dari satu tahun harus ditetapkan berdasarkan kesepakatan antara Pengusaha dan Serikat, sekali lagi aksi mogok adalah alternatif terakhir dan terpaksa dilakukan jika kran perundingan tidak dibuka atau usulan dari serikat tidak dipenuhi serta tidak ditemukan titik temu dalam perundingan, yang terpenting biarkan ini terus berproses sementara kita tetap memberikan dedikasi dan unjuk kerja yang baik dan bertanggung jawab, penuhi dulu kewajiban setelah itu tuntutlah hak kita, kemudian satu info lagi Insya Alloh Kabupaten tangerang tahun 2012 nanti telah siap memberlakukan Upah Minimum Sektoral dan menerapkan Upah Minimum Kabupaten minimal sesuai dengan nilai KHL ( Komponen Hidup Layak ).

biar peserta tour ga terlalu spaneng acara kumpul-kumpul juga, diselingi kuis dan berbagai banyolan bebas, termasuk diantaranya muncul pertanyaan sebagai berikut:

" kenapa kentut cowo itu suaranya lebih keras dibanding kentut cewe?"

seperti biasa jawabanya nglantur kemana-mana, padahal jawaban yang dianggap betul adalah:

karena suara kentut cowo itu keluarnya dekat ama mix? ( karuan tambah keras bunyinya ), sedang cewe kaga punya mix makanya suaranya sember ......

Selanjutnya adalah acara bebas, terserah suka-suka mau menikmati apa aja yang di ciater:
ada sinema 4 dimensi ( 15 rb ), berkuda ( 15 rb ), rumah hantu menembak sasaran pakai panah ataupun senapan, gokart, motor trail, arena outbond, kolam renang / rendam (20rb), perahu / bebek dayung di telaga dll, yang jelas pemandangan alamnya wow menakjubkan.

Setelah acara bebas dirasa cukup jam 15:30 kami berkumpul di area parkir, berikutnya acara beli oleh-oleh khas ciater ada cindera mata, pakaian, dodol, nanas madu, strawbery segar.

Perjalanan dilanjutkan ke bandung, soalnya kalo sudah ke ciater rasanya ga komplit kalau ga sekalian menikmati salah satu pusat fashion di bandung yakni Cihampelas, menjelang maghrib sampailah kami di cihampelas, wow mantap berderet-deret pusat penjualan fashion yang tertata unik, rapi dan bernuansa seni, ngga sabar kamipun berhenti dan berjalan menyusuri cihampelas, melihat-lihat dan membeli barang yang di taksir, asyiknya lagi pedagang disana rata-rata ramah alias enak ditawarnya, jadilah beberapa diantara kami tak segan memborong pakaian, ada nilai plus lagi jalan-jalan di sekitar cihampelas sok pasti dapat bonus lihat-lihat mojang bandung nu galellis ( cantik and muluz ).

Setelah puas nongkrong dan jalan-jalan sore di cihampelas, perjalanan dilanjutkan dengan mencari tempat kuliner khas bandung tuk makan malam. e..eh ga pakai skenario sebelumnya tahu-tahu saat bis berjalan pelan ada pengamen cewe masuk bis, busyet berani bener nich pengamen masuk kandang macan, wajahnya sich lumayan tapi yang kita salut mentalnya men, diiringi gitar dia mempersembahkan lagu-lagu kekinian kayak dari Seventeen ( Jaga selalu hatimu), D'masiv, suaranya juga merdu karuan kita berebut request lagu, sambil ada yang nyeletuk " Ayo neng ikut ke tangerang aja ntar abang beliin vixion ", "ayo neng photo bareng ama abang", " sudah neng sini abang yang petik gitar ama nyanyi neng duduk manis aja"" ayo neng tarik terus, tenang entar sawerannya masing-masing 2 kali" neng no telponnya berapa yang bener nomornya entar abang coba misscall dech", pokoknya kasihan tuh pengamen cewe persis disarang penyamun, untung aja pusat kuliner bandung sudah terlihat dan berjejer jadilah kita berhenti dan si neng pun terbebas, malam-malam di bandung asyik juga sambil menikmati santap malam dengan menu beraneka pilihan.

Singkat cerita bis pun mengantar kami pulang, tetap aja buat menghabiskan hadiah yang masih cukup banyak, kuis-kuis terus berlangsung sepanjang perjalanan pulang, setelah kelelahan mayoritas kamipun tertlelap tidur dan sampailah kami kembali ke Tangerang.

entahlah tahun depan perjalanan kami kemana lagi, pulau untung jawa ( bagian pulau seribu), Anyer, Carita, Pelabuhan ratu, Cibodas, Cilember ( puncak ) semua sudah kami lalui bersama kebanyakan sich pakai acara nginep atau sewa villa, acara kebersamaan inilah yang kadang menguatkan kami untuk tetap bertahan di perusahaan walau kerap dihiasi dengan pahit getirnya, setiap tahun ada yang datang dan pergi, akankah tahun depan aku masih bersama kalian? ....hm.m entahlah.......