Senin, 04 Oktober 2010

25 JALAN MENANG BERSAMA ORANG LAIN




"25 Ways To WIN With People"


Oleh : Tri Wahyudi, dari buku 25 jalan menjadi pemenang bersama orang lain
( Dalam acara lomba bedah buku 2008 )

Mengapa buku ini laris manis di pasaran? Karena buku ini merupakan karya apik hasil kolaborasi pengarang buku sekaligus pembicara sekaliber John Maxwell dan Less Parrot Ph. D. John dikenal sebagai pakar kepemimpinan, berceramah langsung kepada ratusan ribu orang setiap tahunnya. Menyampaikan dan menanamkan prinsip kepemimpinan kepada perusahaan Fortune 500, akademi militer di west point, organisasi pemasaran internasional NCAA dan perkumpulan olah raga NFL melatih pemimpin di penjuru dunia lewat EQUIP, menulis lebih dari 30 buku yang semuanya merupakan best seller.“Tak seorang pun pernah menjalin hubungan erat dengan John berlalu darinya tanpa mendapat pengaruh apa-apa.


Siapapun yang sempat meluangkan waktu meski singkat bersamanya. Dia meletakkan anda di kondisi yang nyaman dan membuat anda merasa baik dan berharga, bukan perasaan baik yang timbul dari sikap yang tidak tulus dan dibuat-buat atau tepukan di bahu yang palsu. Dia ingin setiap orang yang berinteraksi dengannya menginginkan anda berhasil dan memperoleh hasil terbaik buat anda.Winning with People ditulis untuk mengubah cara fundamental orang membina hubungan, dibutuhkan waktu cukup lama untuk bisa melakukan apa yang disarankan buku ini. Di lain pihak, lewat saran dari Less, seorang psikolog spesialis hubungan pribadi. Buku ini akan mampu menolong orang mempelajari keterampilan spesifik yang dapat dikuasai dalam hitungan hari saja. Dr. Less Parrot salah satu dari seruntun keberhasilannya adalah Profesor Psikologi di Seatle Pasifik University, pendiri Center For Relationship development, penulis buku-buku best seller. “begitu betemu dengannya saya dapat melihat bahwa dia cerdas dan mampu menciptakan gagasan-gagasan besar”, ujar john.Bersama-sama mereka akan memikirkan keterampilan apa yang akan ditulis John akan mengajarkan cara bagaimana bekerja dangan orang, Less dapat membantu orang memahami psikologi dibalik penerapannya”

“Sama seperti setiap orang saya pernah melakukan hal-hal bodoh, menghina orang dengan ucapan saya dan menyakiti perasaan orang lain, namun saya selalu berusaha memperbaiki keterampilan berhubungan dengan orang” (John Maxwell).Buku ini memuat 25 rahasia yang berpotensi mengubah hidup anda. Semuanya bisa menolong anda menjadi tipe orang magnetis yang menjadikan ruangan terang saat anda datang, keterampilan ini bisa dipelajari! Keterampilan ini tidak hanya bagi orang yang beruntung yang sepertinya memang sudah memiliki kualitas eksklusif tersebut. Siapapun berhak mempelajari dan memilikinya, keterampilan ini penting bagi siapapun yang ingin menang bersama orang lain.Berikut inilah 25 cara yang telah dilakukan oleh John Maxwell untuk menang bersama orang lain:



1.Mulailah dari Diri Sendiri.

Hubungan anda hanya bisa sesehat diri anda (Neil Clark Warren). Jika anda ingin meraih kemenangan bersama orang lain, anda sendiri harus menjadi pemenang atau setidaknya sedang dalam perjalanan ke situ.” Teknik apapun yang akan digunakan untuk membantu orang menang bersama orang lain akan gagal sama sekali jika anda tidak memulainya dengan memperbaiki diri sendiri”. Luangkan waktu untuk fokus pada diri sendiri baru anda segera siap berfokus pada orang lain.Anda tidak bisa memberikan apa yang tidak anda miliki, anda hanya mampu membawa seseorang sejauh yang anda tempuh.Harry Firestone “anda mendapatkan yang terbaik dari orang lain, kalau anda memberikan yang terbaik dari diri anda”Cara menjadi pemenang Sadari diri anda.

Kisah Gary Smalley, Gary mengeluarkan uang kertas $ 50 di hadapan hadirin dan menawarkannya, tangan-tangn ternagkat di mana-mana, uang kertas itu
diremas-remas. Siapa yang tetap mau ini?”, tangan-tangan sama terangkat, kemudian uang itu jadi kusut dan kotor. Gary kembali menawarkan hal yang sama, rupanya tangan-tangaan hadirin tetap terangkat ke udara tak peduli atas apa yang diperbuat Gary terhadap uang itu. Anda masih menginginkannya, karena uang itu masih bernilai $50.“Situasi sesulit apapun kita, kita tak akan pernah kehilangan nilai kita sebagai manusia”Terima nilai anda Tidak ada kondisi yang senantiasa 100% sesuai keinginan anda, justru inilah yang memotivasi kita untuk menghadapinya.Tingkatkan nilai anda Anda perlu memaksimalkan nilai anda dengan mengatasi atau memperbaiki segala sesuatu yang bisa diubah dalam batas kemampuan anda.Percayai nilai Anda Menumbuhkan rasa percaya diri atau memiliki nilai jual.

2.Praktikkan Aturan 30 Detik

“Orang yang menunda untuk segera melakukan hal baik, tidak akan pernah melakukan apapun”. Pelajaran Less dari John adalah aturan 30 detik: pada 30 detik pertama percakapan, katakan sesuatu yang membesarkan hati, John dalam rapat-rapatnya saat pertama masuk ruangan dalam hitungan menit mengatakan sesuatu yang membesarkan hati setiap orang disekeliling meja, orang tidak pernah melupakan dukungan semacam itu, hanya memerlukan sedikit upaya, tetapi bebar-benar membangkitkan semangat orang, merasa orang mendapat atensi, apresiasi dan akhirnya memberi energi positif bagi hubungan anda serta membangkitkan motivasi untuk melakukan yang terbaik.Voltaire: “Pujian adalah hal yang indah, pujian membuat apa yang terbaik pada diri orang lain menjadi bagian dari diri kita pula”

3.Biarkan Orang Tahu Anda Membutuhkan Mereka.

Rahasia yang diungkapkan John kepada Less untuk mengajak orang bergabung dengan tim “katakan saya tidak dapat melakukannya tanpamu”. “ Impian apapun yang sanggup saya raih tanpa bantuan orang lain adalah impian yang terlalu kecil”

4.Ciptakan Kenangan dan Sering-Sering Kunjungi.

Kenangan memberi arti besar untuk memperbaharui hasrat perkawinan yang retak bisa kembali rapat tatkala sama-sama mengingat kenangan saat bahagia dulu.

5.Puji Orang di Depan Orang Lain.

“Peringatkan temanmu secara sembunyi-sembunyi, puji mereka secara terbuka”(Pubblius Syrus)Orang ingin merasa berharga dalam hidupPujian bertambah, nilainya saat kita menghargai orang yang memberikannyaPujian menguatkan dan menjadikan orang kuatPujian di depan orang lain adalah pujian paling efektif yang bisa anda berikan.

6.Beri Orang Lain Reputasi Untuk diJunjung.

Salah satu cara terbaik untuk menginspirasikan orang lain dan membuat mereka bisa menjadi apa. seorang manajer, untuk Newyork Yankees ingin calon pemain mengetahui betapa bangganya bermain untuk tim “Anak-anak mengenakan seragam garis-garis Newyork saja sudah merupakan kehormatan, jadi saat mengenakannya bermainlah seperti juara dunia, bermainlah dengan bangga”.

7.Ucapkan Kata-kata yang tepat disaat yang tepat.

Ajaran John :Perkataan tidak tepat yang diucapkan pada saat tidak tepat mengecewakan saya, perkataan tidak tepat yang diucapkan pada saat tepat membuat saya frustasi, perkataan tepat yang diucapkan pada saat tidak tepat membingungkan saya, perkataan tepat yang diucapkan pada saat tepat membesarkan hati saya. Ajaran John untuk diterapkan :Lupakan : Apa yang ingin anda katakan, fokuslah pada apa yang orang lain perlu dengarTanyakan : Apa yang ingin saya dengar kalau berada diposisi orang bersangkutan.Lakukan : Rubah hati seseorang atau bahkan mungkin keseluruhan hidupnya dengan mengucapkan perkataan yang tepat pada saat yang tepat.Ingatlah : Seperti buah apel emas dipinggan perak, begitulah perkataan yang diucapkan pada situasi yang tepat.

8.Dorong Impian Orang Lain.

“Menjauhkan dari orang yang berusaha memupus ambisi anda. orang kecil selalu melakukan itu, tetapi orang hebat membuat anda merasa bahwa anda, juga dapat menjadi hebat (Mark twain)ajaran John untuk diterapkan:Lupakan : Mengkritik impian orang lain sebaliknya teguhkan visi tinggi dan pengejarannya untuk merealisasikannya.Tanyakan : Siapa yang dapat saya dorong semangatnya hari ini? Dalam meraih impian?Lalukan : Tawarkan bantuan spesifik dalam membawa orang lain makin dekat dengan perealisasian impiannya.

9.Sampaikan Penghargaan Kepada Orang Lain.

Lupakan : Dengan memberikan penghargaan kepada orang lain, perbuatan itu justru akan menyakiti atau mengurangi nilai anda.

Tanyakan : siapa yang membuat saya menjadi lebih sukses dibandingkan kalau saya mengusahakannya sendiri.

Lakukan : Sampaikan penghargaan bagi sebuah keberhasilan kepada sebanyak orang yang anda bisa.

10.Tawarkan yang Terbaik dari Diri anda.

“Saya melalukan yang terbaik yang saya tahu, sebaik yang saya bisa dan saya berketetapan untuk terus melakukannya”.Lupakan :Mengerjakan kebutuhan minimum, sekedar melewati sebaiknya fokus pada upaya maksimal anda”.Lakukan : Secara sukarela memberi melampaui yang dibutuhkan.

11.Bagi Rahasia Bersama Seseorang.

Jangan menyembunyikan rahasia anda dari teman anda atau anda patut kehilangannya.”

Berbagi rahasia berarti memberikan informasi berharga Berbagi rahasia membuat orang merasa spesial Berbagi rahasia melibatkan orang lain dalam perjalanan anda.

12.Ganti sebanyak mungkin niat baik.

Bagaimana cara John belajar memberi orang manfaat dari keraguan dia mengamati ibunya 'Ibu mengetahui hati saya dan dia selalu mengevaluasi sikap saya dari sisi baiknya bukan berarti melupakan semua kesalahan anda? Sama seperti setiap anak lainnya saya mendapat bagian yang adil atas omelan dan percayalah saya pantas mendapatkannya! Tapi ibu sepertinya tidak pernah terlalu cepat mengambil kesimpulan. Dia tidak pernah memberikan asumsi terburuk, sebaliknya dia selalu memberikan asumsi terbaik itulah kunci untuk menumbuhkan kualitas.

Yakini hal terbaik mengenai orang lain.

Memandang sesuatu dari perspektif merekaBeri orang manfaat dari keraguanIngatlah hari baik, bukan hari buruk mereka.

13.Berhentilah Menatap Cermin.“Saya tidak tahu akan seperti apa peruntungan anda nantinya, tapi satu hal yang saya tahu “satu-satunya diantara kalian yang akan sungguh-sungguh bahagia adalah yang pernah mencari dan menemukan cara melayani” (Alkert Schwertzer)Jika anda berfokus pd orang lain terus menerus berupaya memberikan apa yang mereka butuhkan anda mampu berhenti bercermin. Hal itu merupakan cara terbaik untuk menang bersama orang lain.

fokus pada orang lain dapat memberi anda perasaan berguna.

Sukses (sejauh mana anda mampu berbuat untuk orang lain bukan apa yang anda peroleh/capai)Focus pada orang lain dapat memberi anda energi. Focus bekelanjutan pada diri sendiri dapat benar-benar menguras energi, sementara focus pada orang lain dapat memberikan efek sebaliknya.Focus pada orang lain dapat memberi anda perasaan puas.

14.Lakukan bagi Sesama apa yang tidak bisa mereka lakukan sendiri.

“Anda belum hidup hari ini sampai anda melakukan sesuatu untuk seseorang yang tidak pernah bisa membalasnya bagi anda (John Bunyan)".

Atas rekomendasi dari John saya berdiri di podium di seluruh AS, berbicara kepada ribuan audiens, orang yang memesan tempat acara tidak mengenal saya.mereka lebih mengenal John dan mempercayai rekomendasinya atas seorang pembicara muda yang baru saja mulai, itu 15 tahun lalu dan saya masih sama berterima kasihnya atas apa yang John lakukan untuk saya, John memberisesuatu yang tidak akan pernah saya dapatkan tanpanya (Less Parrot).Perkenalkan orang lain kepada orang yang tidak dapat mereka kenal sendiri.Bawa orang lain ke tempat yang tidak bisa mereka datangi sendiriTawarkan kepada orang lain peluang yang tidak bisa mereka raih sendiriBerbagi dengan orang lain gagasan yg tidak mereka miliki.

15.Dengarkan Dengan Hati Anda.

“Hal terpenting dalam komunikasi adalah mendengar apa yang tidak terucap”(Peter Drucker).Caranya:Berfokus pada orang ituBuang sumbat telinga andaMendengarkan secara agresifMendengarkan untuk mengerti.

16.Temukan Kunci Untuk Membuka Hati Mereka.

“Pelatih yang bisa menggambarkan permainan pada sesuatu papan tulis amat mudah didapati.”Menerima kenyataan bahwa setiap orang berbedaTemukan kunci menuju hati dengan mengajukan pertanyaanTetapkan kesepakatan bersamaMenyadari seiring waktu manusia berubah.

17.Jadilah yang pertama menolong.

“Setelah kata kerja “mencintai”,”menolong” adalah kata kerja paling indah di dunia”.

Jadikan menolong orang sebagai prioritas buat diri anda peka terhadap kebutuhan orang bersedia mengambil resiko, lanjutkan begitu anda mulai menolong.

18.Tambahkan Nilai Pada Sesama.

“Berusahalah tidak menjadi orang sukses tetapi berusahalah orang yang bernilai” (Albert Einstein). hargai orang, bahkan terhadap orang yang kita benci sekalipun buat diri anda lebih berharga ,tahu apa yang dihargai orang.

19.Ingatlah Cerita Orang.

“Banyak orang lebih mengharapkan anda mendengar ceritanya daripada mengabulkan permintaannya” (Philip Starhope).

bertanya saat anda bertemu orang baru, setelah berbasa-basi dan mengawali senda gurau jangan ragu ajukan pertanyaan dan gali lebih dalam untuk bisa mendengar cerita orang itu. mendengar, mengingat.

20.Ceritakan Kisah Bagus.

“Alam semesta terdiri atas kisah, bukan atom (Muriel Rukeyser)Berbagi sesuatu yang pernah anda alamiCeritakan dengan sasaran menjalin hubungan, letakkan jiwa anda ke dalamnya, anggap orang lain mau mendengarnya.

21.Berikan Tanpa Pamrih“Pertanyaan hidup yang paling bertahan lama dan mendesak adalah apa yang anda lakukan untuk orang lain” (Martin Hithler King). Mereka mempunyai mentalitas berlimpahan mereka melihat gambaran besar.

22.Hapalkan Nama Tukang Pos Anda.

Ingatlah bahwa nama seseorang merupakan nama terharmonis dan terpenting yang mendengar bagi orang itu” (Dole Carnegic).

23.Tunjukkan Kekuatan Orang.

“Pujian dari orang lain mungkin berguna dalam mengajari kita mengenal bukan keadaan kita sekarang, tetapi seperti apa kita sepatutnya” (August W. Hare).

Menunjukkan kekuatan menegaskan keunikan orang.

24.Buat catatan yang membesarkan Hati.

“Kekuatan kata-kata amatlah besar, kata yang dipilih dengan baik sering kali cukup untuk menghentikan tentara di udara, mengubah kekalahan menjadi kemenangan dan menyelamatkan sebuah kerajaan” Emile De Giraldin)".

catatan yang membearkan hati memiliki sentuhan pribadi, catatan memiliki investasi oleh pemulisnya, tulisan dikenang lama sesudah penulisnya sendiri melupakannya.

25.Bantu Orang Menang.

“Ukuran terpenting dari seberapa baiknya saya memainkan sebuah permainan adalah dari seberapa lebih baiknya saya dalam membuat teman satu tim bermain” (Bill Russel, pemenang NBA).

percaya pada orang usai sebuah seminar di Toledo, seorang laki-laki mendatangi saya dan mengajukan pertanyaan yang mengkritik, “bagaimana saya bisa memperolah hasil luar biasa dari seseorang? Miliki harapan luar biasa tentang orang itu” adalah jawaban John. Beri orang harapan Berfokuslah pada proses, bukan hanya keberhasilan, pahami bahwa saat anda menolong orang berhasil, anda juga berhasil. penutup sepanjang hidup, saya meyakini bahwa siapapun bisa belajar menang bersama orang lain, yang diperlukan adalah kepercayaan terhadap orang lain dan hasrat tulus untuk membantu mereka. penulis berharap anda mempercayainya.

Sungguh merupakan kesulitan tersendiri dalam upaya merangkum karangan ini sampai saya bingung tulisan mana yang harus diringkas, atau kalimat mana yang harus dipenggal, karena saya merasa semua rangkaian kata begitu bermakna.Perpaduan apik dari John dan Less merupakan pelajaran berharga untuk kita mengenal bagaimana hubungan dan interaksi yang sehat antar personal yang mana nantinya akan mengantarkan kita pada posisi ”menang-menang”.

John tidak menonjolkan egonya walau bisa dikatakan tampil lebih dulu dalam dunia mentor, justru dia senantiasa berusaha terus memperbaiki keterampilannya dalam berhubungan dengan orang. Tak segan ia memuji penampilan Less jika sedang ada dalam podium yang sama, sebaliknya Less yang lebih muda senantiasa mengambil pelajaran dari setiap interaksi dirinya dengan John ataupun orang lain yang berkumpul dengan John, di mana John selalu menelurkan nilai-nilai keteladanan disetiap sisinya, dari hubungan saling mengisi inilah tercipta karya yang fenomenal “25 Ways to win With People”.

Tidak ada komentar: