Rabu, 27 Oktober 2010

SETTING INTERNET PC VIA MODEM HP

written by Ricky Mahardhika at Senin, 2008 Oktober 27

Pada saat ini internet menggunakan Provider Cellular adalah solusi alternatif dan tercepat dalam mengakses internet. Kita tidak perlu harus menyediakan Modem dan line tlp atau bahkan mengurus registrasi berlangganan ISP tertentu. Namun dalam hal ini ttp ada konsekuensinya yaitu tarif yang lumayan Mahal. Sekedar catatan, saat ini tarif akses GPRS termurah adalah pada IM3 & MENTARI dengan tarif Rp 1,-/kb (Kalau blm berubah). Sedang provider lain macam XL dan Telkomsel masih terbilang tinggi. Ini terbukti ketika sebelum saya posting tulisan ini, saya mencoba akses GPRS menggunakan Kartu HALLO TELKOMSEL.

 
Saya membuka Blog saya dan mengedit untuk menambah kan satu Link setelah itu merefresh kembali Blog. Bukan main terkejut ketika melihat biaya penggunaan terakhir adalah Rp 18rb'an. Ini bukan promosi dsb, tapi sekedar saran untuk mengakses GPRS gunakan IM3 atau MENTARI dengan dengan tarif Rp 1,-/kb. Oke kembali ke masalah, untuk menggunakan Ponsel sebagai modem kita harus melakukan beberapa setting pada modem yang terdeteksi di PC dan setting GPRS atau Internet Account pada Ponsel. Berikut langkah-langkahnya Dengan Asumsi ponsel sudah terdeteksi sebagai modem :
1. Klik kanan m komputer -properties dan klik tab hardware dan klik device manager. Kemudian perhatikan Modem yang terdeteksi.
2. Double klik pada modem ponsel yang terdeteksi, kemudian klik tab advanced. Lalu isikan pada field Extra setting seperti berikut :
3. Pada akhir kode terdapat tulisan "internet", Ganti lah kode tersebut dengan "satelindogprs.com" apabila menggunakan MATRIX/MENTARI, "www.indosat-m3.net" menggunakan IM3 dan "www.xlgrps.net" apabila menggunakan XL. Kode "internet" seperti contoh di atas apabila menggunakan TELKOMSEL.
Oke, setelah itu buat panggilan DIAL UP seperti biasa dan masukan User Name dan Password serta dial Number nya. Berikut daftar masing-masing Provider.
TELKOMSEL
User : wap
Password : wap123
Dial : *99***1#
MATRIX
User : [kosongkan]
Password : [kosongkan]
Dial : *99***1#
MENTARI
User : indosat
Password : indosat
Dial : *99***1#
IM3
User : gprs
Password : im3
Dial : *99***1#

IM3 (DURASI) Rp 100,-/menit
User : indosat@durasi
Password : indosat@durasi
Dial : *99***1#
XL
User : xlgprs
Password : proxl
Dial : *99***1#
Fren (Mobile-8)
User : m8
Password : m8
Dial : #777
TELKOMFLEXY
User : telkomnet@flexi
Password : telkom
Dial : #777
STARONE
User : starone
Password : indosat
Dial : #777
Sebagai saran, apabila wilayah sobat sudah tercoverage 3G gunakan Modem 3G atau ponsel yang sudah mendukung 3G. Karena sesuai pengalaman saya kemarin browsing menggunakan Ponsel 3G SE P990i via IM3 bandwich rata-rata yang saya dpt 200kbps ketika di cek di http://sijiwae.net/speedtest. Jauh sekali perbedaan nya ketika dulu saya masih mengakses via GPRS menggunakan Nokia 3650 dengan InfraRed sebagai media nya. Bandwich yang saya dapat tidak pernah lebih dari 50kbps :D... , Oke selamat mencoba, Salam Sukses
Setting GPRS IM3 Untuk Internet PC Mar 18, '05 9:08 PM
for everyone
Setting koneksi:
1. Make new connection
2. Nama koneksi nya m3 gprs atau m3 csd
3. Masukin no telp nya *99***1# ( buat yang pake gprs) ama *99***1# atau 366 ( buat yang pake csd)
4. Username gprs ( buat gprs) atau csd ( buat csd) dan password im3
Di Komputer, masuk aja ke Control Panel --> Phone and Modem Options --> Modem --> (sorot modem yang dipakai) Properties --> Advanced --> Extra Settings
Di Extra Setingg, kita menuliskan AT+CGDCONT=1,"ip","www.indosat-m3.net"
(AT+CGDCONT=1) adalah salah satu perintah dari AT Commands, yang fungsinya menjadikan hp sebagai modem untuk hubungan koneksi ke GPRS (atau HSCD).
ip = internet protokol
"www.indosat-m3.net" adalah Access Point untuk IM3.
Tanpa menuliskan itu (AT+CGDCONT=1,"ip","www.indosat-m3.net" ), kita akan "unable to make a connection"
O iya, untuk memastikan bahwa modem itu (hp kita sebagai modem) berfungsi dengan benar, coba klik Query Modem.
Untuk melakukan ini, coba masuk dari:
Control Panel --> Phone and Modem Options --> Modem --> (sorot modem yang dipakai) Properties --> Diagnostics --> Query Modem (jika berhasil, maka di kolom "Command/Respon" akan tampil rincian bahasa AT Command)
Setting Internet IM3 Via PC Rp. 6000/Jam
Posted on May 31, 2008 by kanghenson
Mungkin banyak cara yang anda miliki agar koneksi internet murah baik itu melalui Hp ataupun PC nah salah satu contoh koneksi internet yang menggunakan kartu prabayar adalah IM3 yang selama ini gue anggap paling murah karena jaringan di wilayah gue cuma ada Telkomsel, XL & Indosat. Kartu IM3 mempunyai Tarif gprs termurah diantara Telkomsel dan XL.
Jika anda Browse Gprs Im3 lewat Hp anda hanya dikenakan biaya ± Rp. 2/kb dan itu tergantung dari Kilobyte yang anda download semakin banyak Kilobyte tentunya semakin Mahal kan??
Dalam kesempatan ini gue Cuma kasih info yang selama ini gue pake yaitu Koneksi Internet Im3 Via Pc (meskipun Pc Perusahaan…Hiks…) yang hanya dikenakan biaya ± Rp. 6000/Jam atau Rp. 100/Menit atau Rp. 1,6666667/Detik. Tanpa Batasan KB atau bahkan MB File yang anda Download dan yang paling asyik tentu anda bisa membuka lebih dari satu layar Browsing.
Mau tau caranya? Ambil Hp anda dan ikuti petunjuk dibawah ini (setting dibawah ini gue coba di Nokia N70 ME) :
Pilih Menu dan cari icon Web setelah anda buka Option >Setting > Option Lagi > pilih Change pasti timbul menu “Default Acces Point” Pada Posisi itu pilih Options > New Acces Point > Use Default Setting, kalo sudah sampe situ baru anda isi menu menu tersebut Sesuai urutan sebagai berikut :
Connection Name = Isikan nama sesuai keinginan anda atau beri saja nama “Durasi Internet“
Data Bearer = Packet Data
Acces Point Name = www.indosat-m3.net
User Name = indosat@durasi
Prompt Password = Yes
Password = indosat@durasi
Authentication = Normal
Home Page = http://wap.indosat-m3.net
Selesai Sudah Aktifkan Setting tersebut dan koneksikan Hp anda ke Pc melalui kabel data aktifkan Aplikasi Nokia PC Suite dan klik Connect to the internet akan keluar menu One Touch Acces Pilih Settings Apabila Hp Anda N70 maka akan timbul Di Select Modem “Nokia N70 USB Modem” Pilih Next Dimenu Select Network Operator Pilih Configure the Connection Manually trus Next lagi dan Masukan Acces Point, Username dan Password sesuai Setting Hp tadi Klik Finish. selanjutnya nikmatilah browse semau anda tanpa batasan Kilobyte.
Selamat Mencoba!!! Semoga bermanfaat.
Tips : Konek PC ke Internet dengan Ponsel/GPRS/CDMA, dan Heboh IM3 September 11, 2007
Posted by qnoyzone in multimedia.
Tags: heboh tarif gprs im3, koneksi internet via gprs/cdma, setting pc koneksi internet via ponsel/ gprs/cdma, tips
8 comments
Produk dari Indosat yang boleh dibilang sangat mengerti akan kebutuhan para pengguna internet di Indonesia adalah im3, dengan hadirnya program internet berbasiskan volume-based dan time-based maka mempermudah para penggunanya dalam menggunakan akses internet.
Program internet im3 yang berbasiskan volume-based para penggunanya dikenakan biaya sebesar Rp.1,-/kb, sedangkan untuk program internet im3 yang berbasiskan time-based maka penggunanya dikenakan tarif sebesar Rp.100,-/menit (Rp.6.000,-/ jam).
Semoga akses internet berbasiskan time-based bisa diturunkan lagi tarifnya agar para pengguna im3 yang memiliki taraf perekonomian rendah tetap dapat menikmati akses internet murah.
Alangkah baiknya bila tarif standar yang diterapkan sebesar Rp.50,-/menit (Rp.3.000,-/ jam), dan kalau bisa jadi Rp.2.500,- atau Rp.1.500,-/jam ;). Harga tersebut boleh dibilang merupakan harga standar yang pastinya sudah memenuhi kuota semua pengguna internet via im3 dengan keadaan ekonomi lemah maupun menengah:).
Pastilah rakyat dunia maya di Indonesia sangat mengidam-idamkan untuk menikmatinya. Jadi nantinya im3 bukan saja memiliki julukan raja voucher atau SMS saja, melainkan mendapat julukan baru yaitu raja akses GPRS termurah pertama di Indonesia.
Mudah-mudahan pihak Indosat mau menerima respon dan kritik dari semua kebutuhan masyarakat maya di Indonesia pada khususnya dan di seluruh dunia pada umumnya. Salut,salut, salut untuk im3!!!
Ayo isi pendapatmu disini sebagai polling untuk solusi internet murah di Indonesia. Sekali lagi ayo kita perjuangkan akses internet murah berbasiskan GPRS di Indonesia. :).
Berikut Tips langkah-langkah setting PC untuk koneksi GPRS/Ponsel, Dengan Asumsi ponsel sudah terdeteksi sebagai modem :
Klik kanan mykomputer -properties dan klik tab hardware dan klik device manager. Kemudian perhatikan Modem yang terdeteksi.
Double klik pada modem ponsel yang terdeteksi, kemudian klik tab
advanced. Lalu isikan pada field Extra setting seperti berikut :
Pada akhir kode terdapat tulisan “internet”, Ganti lah kode tersebut dengan “satelindogprs.com” apabila menggunakan MATRIX/MENTARI, “www.indosat-m3.net” menggunakan IM3 dan “www.xlgrps.net” apabila menggunakan XL. Kode “internet”
seperti contoh di atas apabila menggunakan TELKOMSEL.
Oke, setelah itu buat panggilan DIAL UP seperti biasa dan masukan User Name dan Password serta dial Number nya. Berikut daftar masing-masing Provider.
TELKOMSEL
User : wap
Password : wap123
Dial : *99***1#
MATRIX
User : [kosongkan]
Password : [kosongkan]
Dial : *99***1#
MENTARI
User : indosat
Password : indosat
Dial : *99***1#
IM3
User : gprs
Password : im3
Dial : *99***1#
IM3 (DURASI) Rp 100,-/menit
User : indosat@durasi
Password : indosat@durasi
Dial : *99***1#
XL
User : xlgprs
Password : proxl
Dial : *99***1#
Fren (Mobile-8)
User : m8
Password : m8
Dial : #777
TELKOMFLEXY
User : telkomnet@flexi
Password : telkom
Dial : #777
STARONE
User : starone
Password : indosat
Dial : #777
sumber :
http://ikatama.wordpress.com/2007/07/11/akses-internet-murah-for-all-via-im3/
http://norjik.blogspot.com/2007/09/setting-internet-pc-via-modem-ponsel.html
Setting Dial-Up Internet Telkomsel, Matrix, Mentari, IM3, XL, AXIS menggunakan/di Komputer
May 28, 2008 – 4:04 pm
Setelah blogwalking selama beberapa jam (tepatnya 6 jam). Saya selalu meng-check BoTD (Blog of The Day) bagian Top Post karena saya sempat menduduki peringkat ke-14 (Asik. Prestasi yang keren) dengan artikel Setting GPRS AXIS, IM3, XL, Telkomsel, Mentari Nokia 5300. Pada jam 2:35 PM, saya melihat artikel berjudul Setting Dial Up Internet menggunakan operator GSM dan CDMA. Karena pada saat itu artikelnya kurang lengkap, saya membuat artikel ini agar lebih membantu charless. Baca dulu artikel ini, jika sudah paham baru praktekkan. Langsung saja (Cara ini dikhususkan untuk OS Windows. Sudah teruji di Microsoft Windows XP) :
Install Modem Handphone
Tentukan HP yang akan anda pakai.
Instalasi perangkat driver handphone anda. Lakukan cara ini, jika Operating System anda tidak dapat mengenali handphone anda.
Setelah penginstalan driver. Klik Start > Control Panel > Phone and Modem Options (Control Menu, Display as a Menu). Ini untuk Display as a Link, Klik Start > Control Panel > Printer and Other Hardware > Phone and Modem Options
Setelah terbuka window “Phone and Modem Options”, pilih Tab Modems dan klik Add…
Di window “Add Hardware Wizard”, centang (ceklis)-kan pilihan “Don’t detect my modem; I will select it from a list” > Next
Di bagian “Install New Modem”, pilih (Standard Modem Types) di Manufacturer dan pilih Standard 56000 bps Modem di Models > Next
Lalu pilih Ports yang akan di install. Biar lebih gampang pilih saja All ports > Next. Catatan : Jika anda tahu port USB (COM-x) yang sedang nempel dengan handphone anda. Pilih Port tersebut saja. Membuat lebih gampang dalam menyetting. Dan jangan lupa untuk selalu memasang kabel USB ke port tersebut bila akan melakukan koneksi internet.
Finish
Setting pada modem handphone anda
Di Tab “Modems”, pilih Modem Standard 56000 bps Modem > Properties
Pilih Tab “Advanced”, isikan Extra initialization commands format: at+cgdcont=1,”IP”,”[APN]“. APN yang dimaksud adalah Access Point Name untuk kartu GSM-nya. (Sebenarnya tidaklah selalu sama APN dengan yang di Extra initialization. Contohnya Telkomsel GPRS) Berikut daftar Access Point Name Kartu GSM : Telkomsel Flash Telkomsel GPRS Indosat (Matrix/Mentari) Indosat (Im3) AXIS XL (Xplor/Bebas/Jempol)
APN FLASH TELKOMSEL www.satelindogprs.com www.indosat-m3.net AXIS www.xlgprs.net
Jadi, untuk memasukkan data di Extra initialization caranya seperti ini:
Misal, mo pasang yang im3 berarti extra initializationnya : at+cgdcont=1,”IP”,”www.indosat-m3.net”
Beda halnya jika menggunakan Telkomsel GPRS, extra initialization : at+cgdcont=1,”IP”,”internet”
(3) Lakukan hal tersebut pada setiap COM. Tidak dianjurkan. Lakukan ini jika anda mencobanya untuk konek tapi gagal. Dianjurkan untuk tidak melakukan setting ini di COM1.
(4) Jika sudah selesai. Klik OK untuk mengakhirinya.
Buat Koneksi Dial-up
Start > Control Panel > klik kanan di Network Connection > Open > pilih “Create a new connection” > Next > pilih “Connect to the network at my workplace” (Display as a menu) ATAU Start > Control Panel > Network and Internet Connections > Pilih “Create a connection to the network at your workplace” (Display as a link).
Pilih Dial-up Connection > Pilih Modem - Standard 5600 bps Modem #x (COMx) > Next
Masukkan Company Name anda. Saya sarankan untuk mengisinya dengan Nama kartu yang anda pakai. Next
Masukkan Phone Number dengan *99***1# karena untuk semua operator GSM menggunakan nomor telepon ini.
Finish
Akhirnya, Koneksi dengan Internet!!!
Start > Control Panel > klik kanan di Network Connection > Open (Display as a Menu) atau Start > Control Panel > Network and Internet Connections > Network Connection (Display as a Link).
Dibagian Dial-up pilih Settingan yang baru anda buat (Company Name yang anda pilih) dengan klik dua kali atau enter.
Dan berikut UserName dan Password untuk masing-masing provider GSM
Kartu GSM
Username
Password
Telkomsel (Durasi)
Telkomsel (Data)
wap
wap123
Matrix (Data)
Mentari (Data)
indosat
indosat
IM3 (Data)
gprs
im3
IM3 (Durasi)
indosat@durasi
indosat@durasi
XL (Data)
xlgprs
proxl
AXIS
AXIS
123456
(4) Dan DIAL…
CATATAN :
Untuk mengubah settingan (Display as menu/link) control panel di Task bar caranya. Klik kanan di taskbar > properties > tab “Start Menu” > Customize > Tab “Advanced” > Pilih Display as a Link/Menu di bagian Control Panel > Ok > Ok.
Baca lebih lanjut :
Setting dial-up internet menggunakan operator GSM dan CDMA

Tidak ada komentar: