Minggu, 03 Oktober 2010

AWAS SYIRIK

Di kutip dari : Lembaran da’wah “ NURUL HIDAYAH” Graha lestari citraraya – Tangerang
Di tulis/ditambah kembali oleh : Tri Wahyudi 270510.

“ Seseungguhnya Alloh tidak akan mengampuni dosa syirik kepadaNya dan Dia akan mengampuni dosa lainya yang berada di bawah tingkatannya bagi siapa saja yang dikehendaki olehNya (QS An Nisaa;116)

RUANG LINGKUP SYIRIK

Syirik adalah menyamakan selain Alloh dengan Alloh Azza Alloh Azza Wajalla dalam perkara yang termasuk kategori kekhususan yang hanya dimiliki oleh Alloh saja.
Kekhususan Alloh meliputi tiga hal utama:

1. Hak rububiyah
Seperti: mencipta, mengatur alam, menguasainya, mengabulkan do’a dll.

2. Hak uluhiyah

Seperti: berhak untuk diibadahi, menjadi tujuan do’a, permintaan tolong, permintaan perlindungan, tujuan dalam melaksanakan persembahan atau sembelihan, menjadi tujuan harapan, rasa takut dan kecintaan disertai dengan ketundukan.

3. Hak kesempurnaan nama-nama dan sifat-sifat.

Seperti menyandang nama Alloh, Ar Rabb dan Ar Rahman, atau memiliki sifat mengetahui yang ghoib, Maha mendengar, Mha melihat, Maha mengetahui, yang tidak ada sesuatupun yang menyamai-Nya.

Jadi berhati-hatilah dalam kita mengambil sikap hidup didunia, karena syetan dengan segala daya dan upayanya senantiasa terus mencari teman untuk menjadikan diri kita sesat dengan cara merusak aqidah kita, Jadi kesyirikan itu bisa terjadi dalam hal rububiyah, uluhiyah maupun nama dan sifat-Nya.

DAHSYATNYA BAHAYA SYIRIK


Berikut adalah beberapa dalil dari Al-Quran maupun As Sunnah yang hendaknya kita perhatikan dengan seksama. Dalil-dalil itu akan menggambarkan kepada kita sebuah gambaran mengerikan dan sangat menakutkan tentang dahsyatnya bahaya kesyirikan, semoga Alloh menyelamatkan diri kita darinya.

Pertama.

Dosa syirik tidak akan diampuni oleh Alloh. Alloh SWT berfirman,” Sesungguhnya Alloh tidak akan mengampuni dosa syirik kepada-Nya, dan dia akan mengampuni dosa lain yang berada dibawah tingkatan syirik bagi siapa saja yang dikehendaki-Nya.” ( QS.An Nisaa’ 48 dan 116)

Kedua.

Alloh, mengharamkan surga dimasuki oleh orang yang berbuat syirik. Alloh SWT berfirman,”Sesungguhnya barangsiapa yang mempersekutukan Alloh maka sesungguhnya Alloh telah mengharamkan surga baginya dan tempat kembalinya adalah neraka, dan tiada seorang penolongpun bagi orang-orang zhalim tersebut.”(QS.Al Maa’idah:72)

Ketiga.

Seorang musyrik akan kekal berada di dalam siksa neraka. Alloh SWT berfirman, “sesungguhnya orang-orang yang kafir dari kalangan ahli kitab dan orang-orang musyrik berada di dalam neraka jahannam dan kekal di dalamnya, mereka itulah sejelek-jelek ciptaan” (QS.Al Bayyinah:6)

Keempat.

Dosa syirik akan menghapuskan semua pahala amal shalih, betapapun banyak amal tersebut, Alloh SWT berfirman, \’Dan sungguh telah diwahyukan kepadamu dan kepada para nabi sebelum engkau, ‘Jika kamu berbuat syirik maka pastilah seluruh amalmu akan lenyap terhapus dan kamu benar-benar akan termasuk orang-orang yang merugi.”(QS.Az Zumar:65)

Kelima

Syirik adalah kezhaliman yang paling zalim. Alloh SWT berfirman, “Sesungguhnya syirik itu adalah kezhaliman yang sangat besar.”(QS.Lukman:13)
“Sungguh kami telah mengutus para utusan kami dengan keterangan-keterangan dan kami turunkan bersama mereka Alkitab dan neraca supaya manusia menegakan keadilan.”(QS. Al Hadid:25)

Imam Ibnul Qayyim mengatakan “ Alloh memberitakan bahwa Dia mengutus para Rasul-Nya, menurunkan kitab-kitabNya agar manusia menegakan keadilan salah satu diantara keadilan yang paling agung adalah tauhid, ia adalah pokok terbesar dan pilar penegak keadilan, sedangkan syirik merupakan kezaliman yang paling zalim sedangkan tauhid merupakan keadilan yang paling adil...” (Ad Daa’ wad Dawaa’ hal 145).

Keenam.

Syirik merupakan dosa terbesar. Rasululloh SAW bertanya kepada para sahabatnya yang artinya, “Maukah kalian aku kabarkan tentang dosa-dosa yang paling besar?” (beliau ulangi pertanyaan itu tiga kali) maka para sahabat menjawab, “Mau Ya Rasululloh.” Lalu belau bersabda “Berbuat syirik terhadap Alloh dan durhaka kepada orang tua....”(HR Bukhari dan Muslim)

Ketujuh.

Orang yang berbuat syirik sehingga murtad maka menurut ketetapan syriat islam dia berhak dihukum dengan aturan islam dalam suatu wilayah yang menegakan aturan islam dan talah diangkatnya seorang hakim yang adil. Rasululloh SAW bersabda yang artinya” tidak halal menumpahkan darah seorang muslim kecuali dengan satu diantara tiga penyebab: seorang yang sudah menikah tapi berzina, seorang muslim yang membunuh saudaranya (seagama) atau orang yang meninggalkan agamanya, sengaja memisahkan diri dari jamaah(murtad dari islam).”(HR. Ahmad dan Bukhari)

Kedelapan.

Amal yang tercampur dengan syirik akan sia-sia dan sirna sebagaimana debu-debu yang beterbangan disapu oleh angin Alloh SWT berfirman,”dan kami akan hadapi semua amal yang pernah mereka amalkan (sewaktu didunia) kemudian kami jadikan amal-amal itu sia-sia seperti debu-debu yang beterbangan.”(QS.Al Furqon:23).


Kesembilan, orang yang berbuat syirik dalam beramal maka dia akan ditelantarkan oleh Alloh. Alloh berfirman dalam sebuah hadits qudsi yang artinya, “Aku adalah Zat yang Maha Kaya dan paling tidak membutuhkan sekutu, oleh sebab itu barang siapa yang beramal dengan suatu amalan yang dia mempersekutukan sesuatu denganKu di dalam amalnya itu maka pasti Aku akan telantarkan dia bersama kesyirikannya itu.” (HR Muslim).

Kesepuluh.

Bahaya syirik lebih dikhawatirkan oleh Nabi daripada bahaya Dajjal. Rosululloh SAW bersabda yang artinya, “ Maukah kalian aku beritahukan tentang sesuatu yang paling aku khawatirkan mengancam kalian dalam pandanganku dan lebih menakutkan daripada Ad-Dajjal?” Mau (ya Rosululloh).” Belaupun bersabda “ yaitu syirik yang samar. Apabila seseorang mendirikan sholat sambil membagus-baguskan sholatnya karena dia melihat ada orang lain yang memperhatikan sholatnya.” (HR.Akhmad).

Kesebelas.

Syirik kecil adalah dosa yang sangat dikhawatirkan terjadi pada generasi terbaik yaitu para ahabat radhiallahu ‘anhum. Nabi SAW bersabda, sesuatu yang paling aku khawatirkan menimpamu adlah syirik kecil.” Maka beliau pun ditanya tentangnya sehingga beliau menjawab, “yaitu riya/ingin dilihat dan dipuji orang.”(HR ahmad).

Kedua belas.

Syirik adalah bahaya yang sangat dikhawatirkan oleh banyak para Nabi yaitu Ibrahim’alaihis salam akan menimpa dirinya dan pada anak keturunannya Alloh mengisahkan doa yang dipanjatkan oleh nabi Ibrahim di dalamayat-Nya.” Dan jauhkanlah aku dan anak keturunanku dari penyembahan kepada arca-arca.” (QS. Ibrahim : 35)

Ketiga belas.

Orang yang mati dalam keadaan musyrik maka masuk neraka. Rosululloh SAW bersabda yang artinya,” Barang siapa yang menjumpai Alloh (mati) dalam keadaan mempersekutukan sesuatu denga-Nya maka pasti masuk neraka.”(HR.Muslim).

Keempat belas.

Orang yang berbuat syirik maka amalnya tidak akan diterima.”maka barang yang mengharapkan perjumpaan dengan Tuhannya hendaklah dia beramal sholih dan tidak mempersekutukan apapun dengan Alloh dalam beribadah kepada tuhannya itu.” (QS.Al Kahfi:110)

Rosululloh SAW juga bersabda yang artinya, “ barang siapa yang mendatangi paranormal kemudian menanyakan sesuatu kepadanya maka sholatnya tidak akan diterima selama 40 malam (HR Muslim dan Ahmad)

Kelima belas.

Seorang mujahid, da’i atau ahli baca Qur’an serta dermawan yang terjangkiti kesyirikan, maka akan diadili pertama kali pada hari kiamat dan kemudian dibongkar kedustaannya lalu dilemparkan ke dalam neraka dalam keadaan wajahnya tertelungkup dan diseret oleh Malaikat.

Keenam belas.

Orang yang berbuat syirik akan merasa kecanduan dengan sesembahannya dan ditelantarkan oleh Alloh. Abdulah bin ‘Ukaim meriwayatkan secara marfu’(sampai kepada Nabi) bahwasanya belaiu bersabda” barang siapa yang menggantungkan sesuatu (jimat,dan semacamnya red)maka dia akan dibuat bersandar dan tergantung kepadanya.” (HR Ahmad dan Tirmidzi).

Ketujuh belas.

Orang yang menyembah selain Alloh adalah orang yang paling sesat sejagad raya. Alloh berfirman,”dan siapakah yang lebih sesat daripada orang yang menyeru kepada sesembahan-sesembahan selain Alloh, sesuatu yang jelas-jelas tidak dapat mengabulkan doa hingga hari kiamat, dan sesembahan itu juga lalai dari doa yang mereka panjatkan, dan apabila nanti umat manusia dikumpulkan (pada hari kiamat) maka sesembahan-sesembahan itu justru akan menjadi musuh serta mngingkari peribadatan yang dilakukan oleh para pemujanya.” (QS.Al Akqof:5-6).

Kedelapan belas.

Orang yang berbuat syirik adalah sosok-sosok manusia yang sangat bodoh lagi tidak mau mengambil pelajaran, Alloh berfirman, “ Apakah mereka itu mau mempersekutukan (dengan Alloh)sesuatu yang tidak bisa menciptakan apa-apa dan mereka sendiripun sebenarnya diciptakan, mereka juga tidak sanggup memberikan sedikitpun pertolongan dan tidak bisa pula menolong diri mereka sendiri.”(QS.AlA’raaf: 191-192)


orang yang berbuat syirik sehingga mencintai sesembahan atau pujaannya sebagai sekutu dalam hal cinta dan ibadah, maka dia tidak akan bisa merasakan manisnya iman.

Kesembilan belas.

Orang yang berbuat syirik, maka tidak akan diberikan kecukupan oleh Alloh. “ Dan barang siapa yang bertawaqal kepada Alloh (bertauhid dan tidak akan menyandarkan hatinya kepada selain Alloh) maka Alloh akan mencukupinya.sesungguhnya Alloh akan menyelesaikan urusannya, dan Alloh telah menentukan takdir dan ketentuan waktu bagi segala sesuatu.”(QS.Ath thalaq:3).

Kedua puluh.

Orang yang berbuat syirik pasti akan tertimpa bencana atau siksa yang sangat pedih dan menyakitkan. Alloh berfirman,” Maka hendaklah merasa takut orang-orang yang menyelisihi urusan Rasul kalau-kalu mereka itu akan tertimpa fitnah (bala/bencana) atau siksa yang sangat pedih.”(QS An Nuur:63)

Di era modern sekarang ini praktek-praktek kemusyrikan dengan segala bentuk kamuflasenya rupanya masih banyak menghinggapi orang-orang, itulah bagian dari kecerdasan dan hebatnya strategi syetan dalam menyesatkan aqidah islamiyah kita, padahal sudah jelas dalam uraian diatas kemusyrikan tidak akan pernah membuat orang cukup, bahkan membuat orang tersebut ketagihan asyik dengan sesembahannya semakin dia mendekati permainan syetan niscaya dia akan semakin dijauhkan dari ayat-ayat Alloh, bagaimana mungkin makhluk yang notabene adalah ciptaan Alloh mampu menolong dirinya sedang dia sendiripun bergantung pada Alloh dan sama sekali tidak berkuasa atas segala sesuatu.

Penulis jadi ingat dalam beberapa kali tayangan realigi ( drama realitas ) di sebuah stasiun televisi disitu jelas digambarkan betapa praktek-praktek syirik masih banyak ditemui ditengah-tengah masyarakat, seperti pesugihan dengan menyembah lewat media kucing, bahkan kucing tersebut begitu disayanginya melebihi sayangnya dia pada keluarganya, bahkan dia sudah beranggapan hidup matinya, maju mundurnya usahanya tergantung pada bagaimana ketulusan dia menyayangi kucing tersebut! Naudzubilah hi min dzalika, hingga pada suatu hari kucing tersebut dibebaskan oleh istrinya sang suami yang biasa tidur, makan dan mengurus segala keperluan kucing tersebut menjadi kelimpungan bahkan berakhir dengan stress.

Adapula episode seorang suami yang keranjingan barang-barang mustika yang dipercaya akan membuatnya semakin kaya, hingga hampir setiap saat dia jadi ketagihan melakukan sesembahan, setiap sudut rumah ditaburi kembang dan keris, setiap hari kelahirannya diadakan acara ritual khusus disebuah makam atau sendang, tapi pada akhirnya sungguh tragis mahluk ghaib yang dipujanya justru balik menyerang dirinya hingga dia tersungkur tak berdaya, beruntunglah dia segera di tolong bapak tua seorang imam masjid lebih beruntung lagi akhirnya dia sempat bertobat.

Adapula sebuah episode seorang perempuan yang telah kehilangan putrinya saat ia melahirkan akhirnya divonis bahwa ia tidak bisa mengandung lagi bahkan biduk rumah tangganya berakhir dengan perceraian, sejak peristiwa itulah akhirnya jiwanya terguncang, dan akhirnya menemui seorang paranormal, paranormal tersebut memberikan petunjuk bahwasanya sesungguhnya anaknya itu tidak meninggal arwahnya masih ada didalam rumah, jika ia mau memeliharanya dengan cara memberikan persembahan arwahnya bisa dipindahkan kedalam boneka, untuk itulah hampir setiap hari dia begitu menyayangi boneka tersebut dan memperlakukannya sebagai anaknya, ditimang-timang dikasih makan bakaran menyan, diberikan baju-baju bagus.

Konon menurut sang paranormal seandainya dia terus setia melakukan persembahan itu maka arwah anaknya akan menjaganya dan mampu memajukan usahanya, memang benar usahanya bertambah maju, tapi hakikatnya yang membuat usahanya maju adalah karena hasil semangat dia dan curahan kasih sayang seorang ibu terhadap anaknya yang sudah berada disurga sana, bukan karena roh anak itu yang masih berdiam di rumahnya.

Beruntunglah sang ibu dari perempuan tersebut segera menyadari bahwasanya tingkah polah anak perempuannya sudah keluar dari rel agama, maka tatkala anak perempuannya sedang berada diluar kota, ibunya dengan disaksikan team realigi memusnahkan sesembahan yang katanya adalah media untuk makan cucunya yang telah meninggal, sepulang dari luar kota kagetlah si anak perempuannya mendapati sesembahan untuk bonekannya telah musnah.

Akhirnya dia stress dan jiwanya terguncang, atas inisiatif team realigi akhirnya si anak di bawa menemui seorang ustadz, sang ustadz memberikan wejangan bahwasanya ruh itu adalah urusan Alloh, dan ruh orang-orang yang telah meninggal itu berada di alam barzakh, dan ruh anak yang meninggal karena faktor melahirkan kelak akan menunggu dan melayani orang tuanya di surga, beruntunglah si anak perempuan tersebut segera bertobat, selang beberapa minggu kemudian dia memungut anak laki-laki dan kehidupannya kembali normal dan taat beribadah.

Semoga dengan adanya uraian diatas dilengkapi dengan secuil kisah-kisah nyata akan semakin menyadarkan diri kita, bahwa dosa syirik sungguh sangat dimurkai oleh Alloh, bahkan akibat dari syirik bisa dirasakan tatkala kita masih hidup didunia, terlebih diakherat kelak sungguh tak ada lagi yang mau menolongnya, bahkan sesembahan-sesembahan yang dulu dipujanya justru berbalik mengolok-olok orang yang mau terperdaya oleh dosa syirik.
Demikian semoga bermanfaat untuk kita semua ....amiin.

Tidak ada komentar: