Rabu, 27 Oktober 2010

SEKILAS TV TURNER


From: jelaga.com
TV Tuner merupakan sebuah Teknologi yang mampu mengubah Personal Computer milik Anda menjadi layaknya Televisi. Cara kerja secara sederhana dari Hardware ini ialah menangkap sinyal siaran televisi dan mengirimkannya ke Computer Anda dalam bentuk Suara dan Gambar. 


Ada dua jenis TV Tuner yang beredar yakni Internal dan Eksternal. Untuk Internal, hardware yang berbentuk Card ini langsung ditancapkan saja pada slot PCI di Computer Anda dan Install Drivernya. Sedang yang External dengan bentuknya yang kompak dan Portable juga menggunakan Antena untuk menangkap Sinyal. Anda tinggal menghubungkan kabel yang tersedia ke PC Anda dan menginstall Softwarenya. Mudah kan...Selain itu juga bisa digunakan pada Computer lain dan dapat dibawa kemanapun Anda pergi.
Untuk TV Tuner yang dilengkapi dengan FM Radio, ada tambahan satu fasilitas lagi yakni menangkap siaran Radio dengan Kualitas suara Stereo. Jadi dengan TV Tuner, secara langsung Anda telah menggabungkan Tiga jenis alat Hiburan sekaligus, yakni PC, Radio dan juga Televisi.
Barangnya emang nggak baru lagi. Tapi senelum teknologinya be-ner bener kelibas sama yang lebih canggih, nggak ada salahnya kita pelajari dulu.
Layar computer bisa menayangkan siaran TV bukanlah suatu yang luar biasa lagi. Fitur ini udah muncul sejak beberapa tahun lalu. Tepatnya saat perangkat computer makin marak beredar. Tapi bisa jadi ada sebagian dari kita yang nggak terlalu exited sama teknologi ini. Soalnya layar computer nggak jauh beda kayak pesawat TV biasa.
APA ITU TV TUNER?
Komponen ini lengkapnya disebut TV tuner card. Bentuknya menyerupai VGA Card. Dipasangnya juga pada slot PCI-bus. Meski ada beberapa yang terkoneksi lewat slot USB. Fungsinya adalah menangkap sinyal siaran TV serta menayangkannya dilayar computer. Serunya lagi TV Tuner Card berfungsi sebagai Video Capture. Jadinya tayangan televisi bisa direkam dan disave kedalam hard disk. Nggak Cuma itu aja TV tuner card pun juga bisa menangkap siaran radio.
KOMPONEN TV TUNER
Pada satu Tv tuner card terdapat komponen elektronika seperti receiver, tuner, demodulator, dan analog –to-digital converter.
· Receiver adalah rangkaian elektronika yang berfungsi menangkap sinyal radio pembawa data siaran TV.
· Tuner adalah komponen yang berfungsi memilah-milih frekuensi siaran radio pembawa data siaran TV.
· Demodulator adalah rangkaian elektronika yang berfungsi memperkuat sinyal radio pembawa data siaran Tv agar tampil sempurna di layar computer.
· Analog—to-digital converter adalah rangkaian elektronika yang berfungsi mengubah data analog pada sinyal siaran TV menjadi data digital yang dibutuhin PC.
CARA KERJA TV TUNER
Keempat komponen diatas adalah rangkaian utama pada TV tuner card. diawali dengan receiver yang membedah sinyal radio pembawa siaran TV yang berisikan data data doal gambar, suara serta format tayangan TV. Data ini kemudian disalurkan melalui tuner dan demodulator. Gabungan kedua komponen inilah yang menjadi rangkaian utama receiver sinyal radio, dengan istilah crystal set.
Otak utama Tv tuner card berada pada sebuah chip yang berkode SAA7114 keluaran Philips. Chip ini udah teruji sangat canggih menangkap sinyal delombang FM pada wilayah UHF. Makanya selain bisa menangkap sinyal siaran TV juga bisa menangkap sinyal siaran radio.

Tambahan tulisan dari Tri W :

Keberadaan TV turner memang semakn kurang diminati, seiring dengan perkembangan tekhnologi komputer, khususnya bidang internet, yang memungkinkan kita bisa mengakses TV streming dari PC anda dirumah, sepanjang jaringan internet di tempat anda tertangkap bagus dan punya kecepatan akses yang memadai

Anda bisa mengakses TV streaming stasiun lokal dialamat ini : http://streamingindonesia.blogspot.com selamat menikmati acara TV dari PC anda, daripada beli TV baru buat nyelesaian rebutan chanel ama istri atau anak, dengan begini serasa punya TV sendiri..........

dah yah moga bermanfaat