Rabu, 27 Oktober 2010

KOMPUTER BAGI ANAK

Artikel By : Abi Santoso

Saya ingin sharing mengenai pentingnya pendidikan computer bagi anak sejak dini,

Perkembangan teknologi dan pengetahuan sudah sedemikian jauh didepan kita , terkadang seumur kita yang sudah punya anak ada yang masih belum bisa pake computer ????… Gatek
zaman kita kecil dulu ( thn.1990-an ) computer termasuk masih langka, computer hanya ada disekolah sekolah ternama dan perguruan tinggi , kantor aja masih pake mesin tik.
Berbeda dengan sekarang usia 4 tahun ada yang sudah bisa ngutak ngatik computer.


Penanaman dasar-dasar komputer sejak dini dapat merangsang dan mengarahkan perhatian anak terhadap teknologi yang semakin dibutuhkan di masa yang akan datang.
Selama ini orang tua sering salah pengertian bahwa komputer bagi anak tak lebih dari sarana bermain game tak ubahnya play station. Padahal dengan pengarahan dan perangkat lunak yang tepat, anak bisa mulai belajar mengenal aplikasi.
Seperti yang saya alami sendiri, anak saya Choirunnisa Diningrum ( Arum ) mulai mengenal komputer pada umur 4 tahun. Aplikasi yang pertama kali dikuasai adalah game mewarnai gambar , belajar membedakan benda , berhitung dan huruf serta game educative lainnya. Pada permainan tersebut anak kita bisa mengenal nama-nama benda , buah dll , berkreasi dengan warna-warna yang disukainya , belajar huruf dan kata dengan interaktif dan banyak lagi.
Pertamanya, anak saya hanya melihat saya bermain computer dirumah , sekali-kali main game ( he….he…he…) setelah anak saya senang – melihat saya bermain computer, saya coba install game anak-anak yang berbahasa Indonesia dengan gambar binatang yang lucu-lucu …. Hasil nya Wah….dia mau mencoba ….( rayuan berhasil ).
Memang banyak sekali yang ditanyakan “ Pah, ini apa ? “ , “ Pah, susah “, “ bla…bla…bla ..”
Tapi dengan perlahan saya beritahu cara-caranya dan anak saya mencoba , setelah bisa bermain game tersebut tiap saya pulang kerja atau sabtu-minggu minta ditemenin main game yang itu.
Seiring waktu perlahan saya kasih tahu cara menyalakan dan mematikan ( Shut down ) PC yang benar , game educative lainnya mulai di tambah dan speaker aktifnya mulai dikeraskan. Mulailah anak saya belajar membaca , berhitung dan mewarnai gambar .
Kembali ke topic pembicaraan …..
Saat ini computer sudah banyak dimiliki disetiap rumah, kurikulum sudah mengadakan pendidikan computer disekolah-sekolah
masalahnya :
Sudahkah computer itu digunakan dengan benar oleh anak kita ???……
1.Bagaimana perkembangan kemampuan Anak mengenai aplikasi computer ?
2.Apakah computer ( Hardware dan Software ) dirawat dengan baik ???
Sebelum memperkenalkan komputer kepada anak, orangtua maupun guru seharusnya dapat memahami perkembangan pemahaman anak, dimana pada usia 0 -2 tahun anak mendapatkan pemahamannya dari penginderaannya. Kemudian usia 2 – 7 tahun anak mulai belajar menggunakan bahasa, angka dan simbol-simbol tertentu. Pada usia 7 – 12 tahun anak mulai dapat berpikir logis, terutama yang berhubungan dengan obyek yang tampak langsung olehnya.
Yang saat ini perlu menjadi perhatian bagi orangtua maupun guru adalah bagaimana cara memperkenalkan komputer kepada anak.
Hal yang perlu dicoba adalah dengan program-program aplikasi (software) yang bersifat “Edutainment” yaitu perpaduan antara education (pendidikan) dan entertainment (hiburan). Selain itu program (software) aplikasi “Edutainment” tersebut mempunyai kemampuan menumbuhkembangkan kreatifitas dan imajinasi anak serta melatih saraf motorik anak. Contohnya program permainan kombinasi benda, menyusun benda atau gambar (Puzzle) serta program berhitung dan software-software lain yang didukung perangkat multimedia.
Untuk memperkuat anggapan bahwa anak usia dini perlu sekali belajar komputer sejak dini bisa kita lihat dari analisa Dr. Glenn Doman dimana dalam bukunya yang berjudul How to Multiply Your Child’s Intelligence menyatakan bahwa : ‘Semua bayi dalam perkembangan berikutnya akan ditentukan pada usia enam tahun pertama dari hidupnya.”
Dalam penelitiannya, Doman menemukan bahwa sebagian besar anak belajar diantara usia 1 sampai 6 tahun dengan menyerap segala sesuatu yang diajarkan kepada mereka. Pengajaran yang diperoleh anak pada usia ini akan menentukan nilai-nilai atau keterampilan yang akan mereka miliki di masa mendatang.
Berdasarkan atas penemuan di atas, adalah penting bagi kita untuk memperkenalkan anak-anak kepada komputer ketika mereka masih dini, misalkan ketika mereka masih berusia 18 bulan. Tetapi pada usia ini, mereka masih belum bisa menggunakan komputer.
Di atas usia 18 bulan, anak–anak masih mencoba menguasai perkembangan keterampilan fisik dasar seperti merangkak,berjalan dan berbicara. Kita hanya dapat memberikan pengenalan kepada mereka sampai sejauh penglihatan dan perasaan mengenai komputer. Dengan demikian kita bisa menanamkan benih perhatian pertama dalam pikiran anak-anak.
Pada usia 2 sampai 4 tahun, anak-anak mengembangkan pemikiran logis dan tingkat kecerdasan tertentu. Pada usia ini, anak-anak lebih Independen dan bisa melakukan aktivitas tertentu dalam dirinya sendiri. Usia inilah waktu terbaik dan paling efektif untuk memperkenalkan anak ke dalam aktivitas komputer, karena mereka bisa melakukan eksperimen dan menggabungkan pelajaran yang telah di dapat.





Tidak ada komentar: